Sabtu, 09 Juli 2011

Belajar dari pembohong

Wahai Abu Hurairah, maukah kamu aku beri amalan / wiridan, yang dengannya Alloh Swt akan menjagamu dari godaan syetan…??  Mau – mau, amalan apakah itu..??

Suatu ketika, Abu Hurairah terkejut demi menyaksikan seorang laki –laki yang tengah mengendap – endap ditengah malam memasuki  tempat penyimpanan gandum hasil Zakat.  Sebagai seoarng yang diserahi amanah beliau merasa ada yang tidak beres dengan orang laki – laki tersebut. Benar saja laki-laki tersebut adalah pencuri, dengan sikap beliau menangkap pencuri itu, “ kamu akan aku bawa kepada Rosululloh Saw,” kata Abu Hurairoh. “ Jangan Tuan, jangan.., sudah hampir satu minggu anak dan istri saya belum makan, tolonglah tuan.., akhirnya beliau melepaskan pencuri itu sambil menasehati agar tidak mencuri lagi. Keesokan harinya   sebelum sempat melapor kepada Rosululloh Saw. Beliau justru ditanya oleh Rosululloh Saw, “ apa yang kamu lakukan terhadap pencuri yang kamu tangkap tadi malam ?” Abu Hurairah menjelaskan apa yang terjadi, dan Rosululloh Saw mengingatkan bahwa nanti malam ia akan datang lagi.


Ternyata benar malam kedua pencuri itu datang lagi, dan setelah mengambil gandum langsung saja ditangkap olehnya, pencuri tersebut kembali memelas sehingga Abu Hurairah tidak tahan dan melepaskanya kembali. Esoknya Nabi Muhammad Saw bertanya kembali dan beliau menjawab apa yang dialaminya,  Rosululloh Saw kembali mengingatkan bahwa nanti malam pencuri itu akan datang lagi.  “Nanti malam pasti tidak akan aku lepaskan gumamnya dalam hati”.

Untuk yang ketiga kalinya pencuri itu datang lagi, dan tertangkap lagi oleh Abu Hurairah yang memang sudah lama mengincarnya, dan akan diserahkan langsung kepada Rosululloh Saw. Tetapi pencuri ini cerdik sekali, apa katanya ? “ wahai abu Hurairah, saya siap dihadapkan kepada Nabi Saw, tetapi bolehkan saya berbicara sebentar ?”…ya,  silahkan, apa yang hendak kau bicarakan..? “Wahai Abu Hurairah, maukah kamu aku beri amalan / wiridan ? yang dengannya Alloh Swt akan menjagamu dari godaan syetan.”
 Tentu mau, jawab Abu Hurairah..amalan apakah itu..? tanyanya penasaran. “Bacalah ayat  Kursi sebelum tidur, Alloh Swt akan menjagamu dari godaan syetan.” Jawab pencuri itu. Demi mendengar kata – kata pencuri tadi Abu Hurairah terkejut, kiranya pencuri tersebut adalah seorang ustad dan langsung beliau lepaskan pencuri itu. Keesokan harinya selepas subuh beliau menceritakannya kepada Rosululloh Saw tentang kejadian tadi malam bersama pencuri itu. Nabi Saw berkata, “Apa yang dia katakan itu benar, tetapi dia itu bohong. “tahukah kamu, siapa pencuri itu wahai Abu Hurairah, Dia adalah Syetan.” Kata Rosulullh Saw (HR.Bukhori).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sebagai kritik dan saran, thank's