Jumat, 20 Mei 2011

Teripang Emas ( Gold Sea Cucumber) berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit.


Teripang atau trepang atau timun laut adalah sea cucumbers atau holothurians (disebut holothurians karena hewan ini dimasukkan dalam kelas Holothuroidea /yang dapat dimakan). Kelompok timun laut yang ada di dunia ini lebih dari 1200 jenis, dan sekitar 30 jenis di antaranya adalah kelompok teripang.

Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting diantaranya: teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp) dan beberapa jenis teripang lainnya. Satu diantara yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai pengobatan tradisonal yang istimewa adalah Teripang species Stichopus hermanii, Sea cucumber atau hoi som (gamat Emas)  merupakan hewan yang hidup di dasar laut, biasa dikenal sebagai Teripang ,. Terdapat kurang lebih 1000 species gamat, namun yang dapat dijadikan bahan makanan tidak lebih dari 40 species saja. 


Khasiat Sea Cucumber (teripang emas) telah diteliti oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Sea Cucumber dapat melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, diabetes mellitus dan hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam. Berdasarkan hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang emas sangat berkhasiat sebagai obat serba guna dan sebagai antiseptik tradisional.
 
Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teripang/gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak atau sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat dan pulih kembali. Seperti misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.


Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat. (Trubus 441, Agustus 2006, halaman 109).

Sekadar contoh, di Bandar Lampung ada bapak Agus Sriyanto, dengan kasus dibetes mellitus hanya dengan 2 botol Green gamas @ 60 kapsul dapat menurunkan gula darah hingga 123 mg/dl dari yang sebelumnya 302 mg/dl, mendekati normal, dan bahkan  green gamas telah mengurangi deritanya karena asam urat dan kolesterol.


Efek Terapi tripang pada Stroke


Penelitian yang dilakukan oleh Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkapkan Tripang mengandung Glikosaminoglikan. Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml glikosaminoglikan mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin adalah enzym pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah.


Contoh kasus,Lis Rudiyan ( 42 tahun ) terbujur koma selama 1,5 bulan di ruang ICU sebuah rumah sakit besar di Semarang, Jawa Tengah. Ia menderita Stroke perdarahan akibat hipertensi ( TD 200/120 mmHg ). Pasien stroke perdarahan kemungkinan sembuh hanya 5 %. Sungguh luar biasa setelah diberikan Extrak tripang 3 x sehari 1 sendok makan oleh adik kandungnya dr.Ade Nurmaya melalui gastric tube, dapat menyebuhkan Lis dari Stroke dan mengembalikan daya ingat seperti sedia kala.Baca Trubus440, Juli 2006 .


Teripang tak hanya membantu proses penyembuhan stroke dan asma. Banyak penyakit maut lain yang dituntaskan oleh anggota famili Holothuriidae ini, seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis. Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu saja berbeda. Misalnya untuk asam urat ekstrak teripang memblokir asam urat, untuk osteoarthritis alias radang sendi teripang memberikan kondroitin sehingga tulang rawannya membaik, ujar dr Zen Djaja MD di Malang.

Tripang juga mengandung Khondroitin sulfat, kolagen dan kalsium fosfat yang dapat memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan, dan mencegah pengeroposan pada radang sendi serta memperkuat tulang. Selain merawat tulang dan sendi, kolagen bersama keratin bertanggungjawab terhadap kekenyalan kulit.


Penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth E Gana dan Dr Florida E Mercy dari Los Banos University, Filipina pada akhir tahun 2002 mengungkapkan tripang cokelat bergenus Holothuria mengandung lectin. Senyawa ini mirip jakalin ( lectin tumbuhan ) dapat menghambat perkembangbiakan sel HIV. Lectin bekerja dengan cara menggumpalkan sel jahat yang masuk dan menghancurkannya. Kemudian riset yang dilakukan oleh Dr Retno Murwani dari Universitas Dionegoro membuktikan tripang sebagai anti kanker. Riset serupa juga ditempuh oleh Tong Y dari Divisi Farmakologi Antitumor, State Key Laboratory of Drug research, Shanghai Institute of Materia Medica, Chinese Academy of Sciences, Shanghai, China.


Efek teripang pada kasus penyakit jantung

Keampuhan teripang mengatasi penyakit jantung diduga lantaran kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang. Asupan DHA-asam lemak utama pada sperma, otak, dan retina mata-tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Itu telah dibuktikan Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia. Bersama M.A Kaswandi,dari Universitas Kebangsaan Malaysia,ia meneliti kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus. Hasilnya: kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69%.(Trubus,Edisi: Minggu,02 Juli 2006 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sebagai kritik dan saran, thank's