Jumat, 31 Desember 2010

Belajarlah untuk berhenti MEROKOK.....!!!


MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN


Kutipan diatas adalah peringatan pada setiap bungkus rokok, tanpa mengerti maksudnya apakah itu berupa peringatan, anjuran, atau sekedar pemberitahuan. Lucu memang, ketika memberikan peringatan  yang dapat di ditangkap maknanya adalah sebuah petunjuk agar berhati-hati, karena lebih berkonotasi bahaya. Tetapi faktanya sekedar peringatan saja sebab, jelas-jelas tertulispun  jelas-jelaspula keberadaanya. Dan ketika disebut anjuran, logika nya adalah ajakan untuk melakukan sesuatu yang lebih kepada kebaikan, kesehatan dan hal-hal yang positif  padahal jelas-jelas tertulis bahayanya. Atau mungkin sekedar pemberitahuan saja agar lebih berpikir jauh akan akibat yang ditimbulkan, bahwa yang namanya ROKOK itu berbahaya..!!!-


Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit yang serius, seperti; kanker paru-paru, jantung dan darah tinggi dan menurut penelitian dapat mengurangi peluang umurnya hingga 5 menit untuk setiap batang rokok yang di hisap, nah lho….
Rokok terbuat dari tembakau yang didalamnya berisi tiga macam zat/benda yang sangat berbahaya, yaitu tar,nikotin, dan karbon monoksida.

Tar pada rokok mengendap sebagai kotoran yang menyumbat paru-paru dan system pernafasan, mengakibatkan timbulnya penyakit bronkitis kronis. Racun kimia dalam tar juga meresap kedalam aliran darah dan keluar melalui urin yang mengakibatkan timbulnya kanker kandung kemih.

Nikotin adalah jenis zat candu yang mempengaruhi system syaraf dan dapat mempercepat detak jantung sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung.

Karbon monoksida meresap kedalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel-sel darah merah membawa oksigen keseluruh tubuh, sehingga sangat berpengaruh terhadap system peredaran darah. Zat ini juga akan mempermudah penumpukan zat-zat yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh nadi dan dapat menyebabkan serangaa jantung yang fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sebagai kritik dan saran, thank's